Cara Mudah Riset Keyword dengan Menggunakan Google Adwords

Cara Mudah Riset Keyword dengan Menggunakan Google Adwords - Setelah saya menulis tips blogging tentang hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat blog, kali ini pun masih berkutat pada hal yang sama, yaitu sama-sama hal harus dipersiapkan sebelum membuat blog yakni cara mudah riset keyword dengan menggunakan google adwords.

Menentukan niche atau topik blog adalah hal yang paling penting sebelum membuat sebuah blog.

Blogger bisa dikatakan cerdas apabila ia tahu banyak keyword apa yang banyak orang cari di google, atau dengan kata lain ia pandai cara riset keyword dengan Adwords Keyword Planner pada Google Adwords.

Karena dengan mengetahui apa yang biasanya banyak orang cari di google kita menjadi tahu apa yang bakal kita tulis/artikel apa yang bakal kita bagikan nanti, konten yang dimana banyak orang cari sehingga dapat mengundang pengunjung yang banyak. Kita pun juga akan tahu cara menyusun kata pada judul postingan.


Lalu apa sih Google Adwords itu sendiri ?

Google Adwords adalah salah satu fitur dari google yang tujuan awalnya adalah untuk memudahkan para pemasang iklan agar tahu kata kunci apa saja yang banyak dicari, sehingga para pemasang iklan tahu secara tepat menargetkan iklan yang mereka pasarkan ke berbagai blog dengan niche tertentu.
 
Namun kita pun sebagai publisher (blogger) juga bisa menggunakan Google Adwords untuk riset keyword untuk menentukan niche atau topik blog dimana topik tersebut banyak orang cari.

Untuk yang masih pemula mungkin akan merasa kebingungan dalam cara menggunakannya, maka dari itu saya akan mencoba memberi tahu cara mudah riset keyword dengan menggunakan google adwords. Langsung saja kita simak caranya dibawah.

Langkah-Langkah Cara Mudah Riset Keyword dengan Menggunakan Google Adwords:

Perlu diperhatikan, tools dari google ini bukan hanya untuk mencari kata kunci/keyword saja melainkan juga kita bisa menjadikan alat ini sebagai alat untuk menentukan susunan kata pada judul artikel yang akan kita tulis nanti sehingga lebih mudah terindeks mesin pencari google dan bahkan masuk halaman pertama.

Jika misalnya kita sudah menentukan judul apa yang akan kita posting, deretan kata kunci yang ada di 'keyword ideas' bisa dijadikan sebagai bahan ulasan atau disertakan dalam paragraf tulisan agar lebih optimal artikelnya.

1. Silakan agan kunjungi alamat ini https://adwords.google.com pada saat pertama kali masuk ke halaman tersebut, agan akan disuruh login terlebih dahulu, tentunya menggunakan email gmail yang sudah agan buat (jika agan belum punya email silakan baca tutorial cara membuat email). Untuk login biasanya ada disebelah atas kanan, untuk yang berbahasa indonesia ada tulisan 'Masuk'. 

2. Selanjutnya jika agan sudah login, pada menu-menu atas silakan pilih menu 'Tools'. kemudian pilih 'Keyword Planner' seperti gambar dibawah ini. (klik untuk memperbesar gambar)


3. Selanjutnya untuk memulai riset kata kunci, silakan klik pada bagian 'Search for new keywords using a phrase, website or category' seperti pada gambar dibawah ini.


4. Pada tahap ini agan akan melihat beberapa form, silakan isi form seperti yang ada pada gambar dibawah.


Keterangan:
  • Form pertama, isi dengan kata kunci yang mau agan bidik atau riset, bisa satu kata, dua kata atau lebih.
  • Form kedua dan ketiga abaikan saja atau kosongkan saja, kecuali apabila agan akan menggunakannya sebagai toko online, form kedua bisa agan isi dengan kategori produk yang akan agan jual.
  • Targeting : pada menu ini ada beberapa pilihan yang harus kita pilih, untuk target lokasi agan bisa memilih 'Indonesia' jika target pengunjung berasal dari indonesia. Untuk bahasa yang digunakan, bisa pilih satu atau dua bahasa, saya biasanya dua bahasa sekaligus untuk mengetahui apa yang seluruh orang di dunia cari. Untuk yang lain silakan sesuaikan seperti yang ada pada gambar.
  • Kalau sudah klik 'Get Ideas'

5. Setelah masuk ke halam yang ada grafik pencarian yang berwarna biru. silakan klik tab 'Keyword Ideas'.


Keterangan:
  1. Bahasa Target, pilih 'Indonesia' jika target pengunjung berasal dari Indonesia.
  2. Keyword Ideas, ini akan menampilkan ide kata kunci.

6. Pada 'Keyword Ideas' akan tampil beberapa ide kata kunci, silakan agan coba otak-atik kata kunci yang akan agan riset. Untuk menampilkan secara berurut berdasarkan banyaknya jumlah yang mencari, silakan lihat gambar dibawah.


Keterangan:
  1. Keyword (by relevance), daftar ide kata kunci yang banyak di cari yang bisa agan jadikan sebagai judul artikel, atau sebagai ulasan. Agar lebih sempurna coba di gabung dengan beberapa kalimat.
  2. Avg. monthly searches, klik untuk mengurutkan jumlah rata-rata pencarian dari terbanyak sampai paling rendah.
  3. Kotak 3, adalah jumlah rata-rata banyaknya pencarian yang dilakukan dalam sebulan. Artinya, jika jumlahnya 27.100 maka itu adalah jumlah keyword yang di ketik di google sebanyak 27.100 kali dalam sebulan. Ini termasuk jumlah yang besar.
  4. Kotak 4, Merupakan harga iklan per-kliknya. Apabila agan mencari uang dari Google Adsense, ini bisa dijadikan acuan.
Usai sudah kita belajar mengenai cara mudah riset keyword dengan menggunakan google adwords, silakan daftar keyword diatas bisa agan download dalam bentuk excel agar nanti mudah dilihat jika diperlukan.

Ada baiknya tulis dulu artikel yang banyak orang cari agar blog kita dikunjungi banyak pengunjung. Ya itu saja dari saya, semoga apa yang kita dapat hari ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam

Postingan terkait: