Penjelasan Singkat Mengenai HTML

Pada artikel kali ini saya akan membahasa Apa itu HTML ?

Apakah HTML termasuk bahasa pemrograman ?

Langsung saja simak penjelasannya..

Secara harfiah, HTML adalah (Hypertext Markup Language).

Lalu, apa itu arti dari tiap-tiap kata yang membentuk singkatan HTML itu ? Berikut penjelasan singkatnya:

  • Hypertext adalah sebuah teks yang apabila diklik akan membawa agan pergi dari satu dokumen ke dokumen lainnya. Dalam prakteknya, Hypertext berwujud sebuah link yang bisa mengantar agan ke dunia internet yang sangat luas.
  • Markup adalah tag (semacam kode) yang mengatur layout dan tampilan-tampilan visual yang kita lihat disebuah website, termasuk font, warna teks, gambar, dan sebagainya.
  • Language yang merupakan penunjuk bahwa HTML adalah semacam script pemrograman.

pengertian html

Dengan kata lain, HTML adalah script pemrograman yang mengatur bagaimana kita menyajikan informasi didunia internet dan bagaimana informasi itu membawa kita melompat dari satu tempat ke tempat lainnya.

HTML memiliki fungsi untuk membangun kerangka ataupun format  web yang digunakan untuk menampilkan suatu informasi ke dalam halaman web atau browser.

HTML bukan bahasa pemograman (programming language), tetapi bahasa markup (markup language), dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemograman seperti IF, LOOP, maupun variabel. HTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menagani bagian-bagian dari sebuah halaman.

Berikut ini adalah contoh penulisan kode HTML:

<html>
<head>
<title>Judul Website</title>
</head>
<body>
Isi Berisi Teks, gambar, atau apapun yang ingin ditampilkan pada halaman web.
</body>
</html>

Postingan terkait: