Langkah - Langkah Mudah Cara Membuat Blog di Blogspot Terbaru

Langkah - Langkah Mudah Cara Membuat Blog di Blogspot Terbaru - Tutorial cara buat blog tentunya sudah banyak bertebaran di internet, namun apa salahnya saya mencoba mengulasnya dalam blog ini. Setelah kemarin saya memposting artikel hal yang harus dilakukan sebelum membuat blog, sekarang saatnya ke tahap selanjutnya yakni membuat blog itu sendiri. Tentunya tutorial ini di tujukan untuk pemula yang baru akan memulai di dunia blogging.

Cara Membuat Blog di Blogspot Terbaru

Sebelum saya jelaskan cara membuat blog, sebaiknya kita tahu dulu apa itu blog ?

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web (Wikipedia).

Dan apa bedanya blog dengan website ?

Perbedaan blog dengan website adalah blog tidak statis atau sering berubah-ubah, yaitu dengan adanya update artikel setiap waktu yang juga mempengaruhi tampilan tiap halaman website.

Oke langsung saja, berikut cara membuat blog di blogspot terbaru

1. Membuat Email dengan Menggunakan Gmail

Sebelum membuat akun blogspot tentunya kita harus membuat akun email gmail terlebih dahulu. bagi yang sudah punya bisa langsung saja ikuti tutorial ini, buat yang belum agan bisa membaca tutorial cara membuat email dengan menggunakan gmail.

2. Masuk ke Alamat http://blogger.com

Setelah agan masuk ke alamat yang sudah disebutkan diatas, silakan langsung login menggunakan alamat email gmail yang sudah agan miliki beserta password emailnya.

Cara Membuat Blog di Blogspot Terbaru

3. Memulai Membuat Sebuah Blog Baru

Pada pojok kiri atas, klik 'Blog Baru'. Gambar terlihat seperti berikut.

Cara Membuat Blog di Blogspot Terbaru

4. Membuat Judul dan Alamat Blog

Pada tahap ini akan muncul sebuah kotak, dimana agan disuruh memasukkan judul, alamat, dan memilih template bawaan blogger.

Cara Membuat Blog di Blogspot Terbaru

Keterangan: 
  1. Isi Judul, dengan judul blog agan. Saran saya gunakanlah judul yang mengandung keyword/kata kunci. Contohnya seperti ada pada judul blog ini.
  2. Alamat, isi dengan url alamat blog yang agan mau. ini pun juga sama, kalau bisa yang mengandung kata kunci/keyword. Ataupun kalo sudah dipakai orang, cari lamat yang mudah diingat orang.
  3. Akan ada tanda centang, apabila url/alamat yang agan isi tidak ada orang yang memakai atau alamat blog masih tersedia.
  4. Pilih template bawaan sesuai yang agan inginkan. Namun apabila agan ingin mengganti template dengan template yang agan download sendiri juga bisa. Buat yang belum tahu cara mengganti template, bisa baca tutorial cara mengganti template blogspot.
  5. Apabila sudah selesai bisa langsung saja klik 'Buat blog!'
5. Masuk ke Halaman Posting Artikel

Berikut tampilan apabila blog agan sudah selesai dibuat.

Cara Membuat Blog di Blogspot Terbaru

Keterangan: Untuk memulai postingan, silakan agan klik 'Entri Baru'

6. Memulai Memposting Artikel

Setelah agan klik 'Entri Baru' akan diarahkan ke halaman postingan. Berikut tampilan halaman posting artikel.

Cara Membuat Blog di Blogspot Terbaru

Pada halaman posting ini belum akan saya jelaskan secara detail cara memposting artikel. Selanjutnya saya akan beri tahu bagaimana cara memposting artikel yang sesuai dengan kaidah SEO.

Mungkin itu saja cara membuat blog di blogspot terbaru. Semoga blog agan nantinya dapat memberikan hal yang positif bagi orang-orang yang membacanya. Salam.

Postingan terkait: